Saturday, August 20, 2016

Android Kamu sakit? inilah pertolongan pertama saat Bootloop




Sekarang banyak sekali pilihan android/ios, mulai dari harga murah hingga mahal. begitu juga dengan kualitasnya. memang sulit jika kita ingin memilih salah satu merk android yang menurut kita bagus. tetapi kita sudah bisa mengetahui kualitasnya jika sudah banyak yang menggunakan. seperti contoh merk terkenal dengan kuallitas terbaiknya yaitu Iphone, SAMSUNG, ASUS, ACER, dan lain-lain.

itulah deretan awal menurut versi saya yang memang dari kualitasnya sangat bagus. Produk tersebut memang sudah tidak diragukan lagi walaupun masih ada sedikit kesalahan. karena sebagus-bagusnya hp itu tergantung yang menggunakannya. banyak hp yang rusak atau berhenti di logo karena sang pengguna iseng dan membuat masalah sendiri. seperti contoh ingin mengubah Memory Card menjadi Memory Internal atau RAM, dengan begitu dia memerlukan proses yang dinamakan ROOTING.

menurut dia jika Memory Internal atau RAM besar dengan mengandalkan ROOTING menggunakan Memory Card masalah kapasitas bisa terselesaikan. Namun itu adalah salah besar. karena pada dasarnya sebuah hp itu dibuat dengan spesifikasi yang sudah ditentukan lengkap dengan maksud dan tujuan dari perusahaan produk tersebut. bila perusahaan memberi Memory Internal dan RAM yang kecil jangan sekali-sekali untuk mengakali dengan berbagai cara. karena pada akhirnya anda akan mendapatkan masalah sendiri seperti halnya tidak bisa masuk menu (stop di logo atau bootloop). lebih baik membeli hp dengan spesifikasi tinggi dari pada harus mengakal-akali yang rendah dibuat menjadi tinggi karena akan percuma saja.

Android tidak bisa masuk menu? Stop di Logo? atau lebih dikenal dengan sebutan bootloop.
mari kita betulkan.

saya mempunyai cara ampuh mengatasi bootloop.
langsung saya perhatikan dan simak baik-baik. jika belum mengerti baca berulang kali.


Cara 1 : Melakukan Reset Pabrik

  • masuk ke recovery mode dengan tekan dan tahan tombol power dengan tombol volume (+) secara bersamaan.

  • Setelah itu maka akan tampil seperti gambar dibawah, selanjutnya pilih "wipe data atau factory reset" 
  • tunggu hingga proses selesai.
  • jika sudah selesai selanjutnya silahkan anda reboot atau restart hp
  • hp anda pun kembali seperti baru.
catatan : 
untuk masuk pada menu recovery mode posisi hanphone harus dalam keadaan OFF atau mati. dan setiap merk dan type hanphone android itu berbeda cara masuk kedalam mode recoverynya. tetapi tidak jarang juga satu sama lain sama. jika power on dan tombol volum up tidak bisa dilakukan berarti coba ganti tombol volum up dengan down.


Bagaimana? mudah bukan. cara diatas merupakan cara yang umum dilakukan banyak orang ketika handphone mereka  bermasalah. dengan melakukan reset pabrik, hanphone kamu pun menjadi seperti baru. jika cara reset pabrik tidak bekerja pada handphone kamu. saya mempunyai 2 solusi lagi. yang pertama itu "melakukan Flashing" dan yang kedua "melakukan Custom OS". Namun jika semua cara tersebut sudah kamu lakukan dan ternyata masih belum mengobati penyakit di handphone kamu. berarti saya sudah bisa pastikan handphone kamu terjadi kerusakan pada "IC EMMC" langkah selanjutnya jika kamu masih ingin bertahan dengan handphone tersebut. cobalah membeli Emmc baru dan menggantinya pada Service Center produk handphone yang kamu gunakan. 

okee, sekian tips dan triks dari saya. jika mempunyai pertanyaan Silakan tulis pada kolom komentar. jangan ragu untuk bertanya. terimakasih sudah berkunjung.




1 comment: