Saturday, August 20, 2016

Cara Jitu memperbaiki Memory Card Rusak

Memory Card rusak atau tidak terbaca? jangan khawatir. karena saya punya solusi tepat bagaimana memperbaiki Memory Card yang rusak atau tidak terbaca tersebut. pada sebuah kasus Memory Card yang tidak terbaca atau rusak masih bisa diperbaikin, namun ada beberapa yang sama sekali tidak bisa diperbaiki. jika anda sudah mempraktekan solusi yang saya berikan namun tidak berhasil. mungkin memori card anda sudah dalam kondisi rusak parah dan harus menggantinya dengan yang baru.

SDcard (kartu SD) sangat berperan penting dalam sebuah perangkat handphone ataupun peralatan digital lainnya. sebab dalam sebuah penyimpanan data sangat dipelukan sekali. untuk menyimpan foto, video, game, file, dan lain-lain. sangat menyebalkan memang jika ketika kita membuka data-data pada memory card ternyata tidak bisa dibuka atau bisa dibilang rusak.

dari pada anda mengeluarkan uang untuk membeli baru.  alangkah baiknya anda menghemat dengan cara memperbaikinya terlebih dahulu, karena lumayan jika masih bisa digunakan.

saya akan mencoba berbagi seputar pengetahuan bagaimana cara memperbaiki Memory Card Rusak? sebelumnya saya jelaskan terlebih dulu mengapa memory card bisa rusak.
berikut adalah sebab  kerusakannya :

  1. Menginstall aplikasi yang illegal dapat mengakibatkan virus dan merusak Memory Card dalam jangka waktu tertentu.
  2. sering melepas Memory Card tanpa mematikan handphone (jika Memory Card Berada di luar baterai).
  3. Memory Card tidak pernah dibersihkan.
  4. selalu bongkar pasang Memory Card dari Hp satu ke Hp lainnya.
  5. Memory Card terkena air.
nah, itu merupakan beberapa penyebab memory card rusak atau tidak terbaca. 
selanjutnya langsung saja kita bahas bagaimana cara memperbaikinnya. dari mulai level rendah hingga kerusakan parah. simak baik-baik.


Cara Jitu Memperbaiki Memory Card Rusak atau tidak terbaca :

Cara 1 : Bersihkan Kartu Memory
  • Cara pertama kali ketika memory card tidak terbaca adalah dengan melepasnya dari Handphone atau perangkat lainnya, jangan lupa matikan handphone terlebih dulu ketika ingin melepasnya.
  • Bersihkan lempengan tembaga (berwarna kuning keemasan) pada memory card dengan penghapus secara perlahan searah dengan arah lempengan tembaga tersebut.
  • jika anda yakin sudah benar benar bersih, selanjutnya silahkan pasang kembali dan periksa apakah sudah terbaca atau belum.




Cara 2 : Format Dari Android
  • aktifkan android kamu dan masuk ke Menu setting > storage 
  • Di dalam menu tersebut anda pilih Erase SD Card. dengan menghapus/format SD card menjadi bersih.





Cara 3 : Periksa Error dari Komputer/Laptop
  • hubungkan android dengan PC melalui kabel data.
  • pastikan terhubung dengan MSC (Mass Storage Mode) bukan MTP (Media Transfer mode).
  •  buka My Komputer atau Windows Xplore pada komputer kamu, klik satu kali pada Memory Card yang ingin kita perbaiki lalu klik kanan > properties > tool > Error Checking.
  • Tunggu hingga proses selesai.
  • kemudian Eject memory kamu dan cek apakah sudah terbaca atau belum




Cara 4 : Format lewat Komputer/Laptop
  • langkah pertama jika ingin format lewat PC adalah selamatkan dahulu folder atau file yang terdapat pada memory kamu, karena akan hilang atau terhapus.
  • copy seluruh folder dan file yang ada pada memory card kamu dan paste pada harddisk PC kamu, biar lebih mudah. kamu paste dalam tampilan desktop saja. sebelum itu sebaiknya kamu jadikan dalam satu folder agar tidak berantakan dan mudah mencarinya.
  • selanjutnya kamu tinggal format memory card. Klik kanan (pada Memory Card) > pilih format.
  • Tunggu Hingga Proses selesai.


Bagaimana? Berhasil tidak. jika masih belum berhasil maka kerusakan memory card kamu sudah cukup berat. karena pada dasarnya memory card merupakan komponen yang sensitif jika terjadi masalah. walaupun ada cara yang bisa saya bilang Extreme lagi, percuma saja tidak akan bisa membuat memory card kamu kembali seperti semula dalam jangka waktu yang panjang. ada banyak sekali cara untuk mengakali memory card rusak. tetapi saya rasa percuma saja karena biar sehebat apapun trik jika kerusakan sudah parah, tidak akan bisa diperbaiki. untuk itu saya membagikan trik untuk kerusakan ringan saja. 

Jika ada pertanyaan silahkan ajukan pertanyaan pada kolom komentar. jangan ragu untuk bertanya. karena Ilmu yang saya bagikan disini GRATIS. Terimakasih Atas kunjungannya..

3 comments:

  1. Kalau kerusakannnya sudah parah terus ada data yang penting pula di memory card kita gimana tu sob..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh.. itu sudah tidak bisa di akalin lagi boss.. karena Memory Card termasuk komponen yang sensitif, rawan virus/kerusakan. coba untuk ikhlasin aja sobb. hehe..

      Delete
  2. cara yang pertama udah cara yang lazim ane pakai dan alhamdulilah berhasil

    ReplyDelete